BANYUWANGI TOUR DE IJEN 2013

sepeda urahBANYUWANGI, KOMPAS.com – Banyuwangi Tour De Ijen masuk hari terakhir, Selasa (5/11/2013). Pada pengujung hari, pemenang ajang balap sepeda yang digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini akan ditentukan.

Tour dimulai pada Sabtu (2/11/2013). Total jarak tempuh rute yang ditempuh selama empat hari adalah 606,5 kilometer. Pada hari keempat, rute dengan tanjakan 45 derajat akan mengantarkan hasil terakhir dari rangkaian tour, diberangkatkan pada pukul 08.00 WIB dari halaman Stasiun Kalibaru.

“Kami menyebut etape keempat ini jalur neraka bagi pembalap,” kata Guntur Priambodo Ketua Panitia Banyuwangi Tour De Ijen kepada Kompas.com, Selasa (5/11/2013). Etape keempat menempuh jarak 171,3 kilometer. Selain jalur yang panjang, etape ini pun menyuguhkan tanjakan dan kelokan tajam.

Finis etape keempat berada di ketinggian 1.875 meter di atas permukaan laut, di punggung Gunung Ijen. Tantangan suhu dingin kawasan Gunung Ijen, harap Guntur, juga menjadi faktor tantangan lain bagi para pebalap. “Rute menuju Ijen adalah yang terbaik di Asia untuk tanjakan balap sepeda.”

Muhammad Taufik, pebalap Indonesia dengan posisi terbaik dalam tiga etape sebelumnya, berjanji akan tampil habis-habisan di etape terakhir. Pebalap dari Banyuwangi Road Cycling Community ini memasang target tiga besar. “Saya yakin bisa masuk tiga besar klasemen general.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s